Sabtu, 31 Mei 2014

Dibalik 1001 Manfaat Wortel


Semua orang tahu wortel memiliki kandungan vitamin A sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Tapi jika diteliti lebih dalam ternyata kandungan didalam wortel banyak sekali khasiatnya. Kalangan medis telah sepakat bahwa betakarotain mampu membantu menjaga kesuburan rambut, menjaga kesehatan gigi, menguatkan tulang dan melancarkan pencernaan sehingga mampu berfungsi menjadi penangkal radikal bebas pemicu tumbuhnya sel-sel kanker. Sementara zat karotenid berfungsi untuk meregulasi dan mempengaruhi resistensi insulin dan gula darah sehingga menjadi lebih rendah.
Menurut para ahli, wortel juga memiliki beberapa macam mineral dan vitamin yang senyawa, seperti vitamin A(kandungannya hampir 7x lipat dari kebutuhan tubuh kita dalam sehari), B1, B3, B6, C dan K, serat, potassium, manganese, molybdenum, magnesium, folate dan fosfor.
Mencegah penuaan dini
Dengan mendapat pasokan 600-700 mikrogram(kandungan satu wortel) vitamin A per hari untuk ukuran orang dewasa mampu membantu lancarnya aliran darah, memperbarui sel-sel yang telah rusak dan mengencangkan kulit. Caranya wortel direbus dan dicampurkan ke dalam masakan atau dimakan langsung setiap hari.
Menekan resiko kemandulan
Dengan vitamin E hingga 400-600 mikrogram mampu mengurangi kemungkinan kemandulan terhadap perempuan yang menginjak masa reproduksi, menekan kolesterol di dalam tubuh orang dewasa serta mengurangi efek resiko stroke. Caranya wortel setidaknya 100 gram diparut diambil airnya untuk diminum langsung bisa setiap hari hingga sepekan tiga kali.
Mencegah jerawat dan menjaga kulit
Dengan dibuat jus diminum setiap hari 300 mililiter dan dikonsumsi setiap hari selama sebulan maka kandungan-kandungan wortel mentah yang terlebih dahulu dicuci akan larut dan senyawa dengan darah sehingga mampu menekan sel-sel darah kotor yang bisa menjadi jerawat dan mencegah pengerutan pada kulit.

Pencegah penyakit jantung
Para peneliti dari Laboratorium Edinburh, Skotlandia mengungkapkan bahwa kadar kolesterol turun sebesar 11% jika seseorang mengkonsumsi 500 mikrogram(satu wortel ukuran agak sedang) wortel mentah setiap harinya. Hal ini juga dibuktikan disebuat studi di Mario Institut di Italia yang menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi lebih banyak wortel memiliki sepertiga resiko serangan jantung lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang makan wortel lebih sedikit.

Sumber : Majalah Selaras

Tidak ada komentar:

Posting Komentar